Cara Memasukkan Gambar ke dalam Shape di PowerPoint dalam Waktu 1 Menit

Microsoft PowerPoint merupakan program aplikasi presentasi yang terdapat dalam komputer maupun smartphone. Dengan bantuan template-template yang terdapat di PowerPoint, seseorang bisa membuat slide presentasi profesional dengan mudah. Slide presentasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran maupun promosi sebuah produk atau jasa.

Tapi dewasa ini, PowerPoint yang merupakan software yang cukup simpel berkembang penggunaannya menjadi software “pengolah grafis” sederhana. Banyak kini usaha yang menjadikan PowerPoint sebagai tempat membuat postingan atau video promosi untuk diunggah di berbagai platform, atau sekadar hanya untuk update story/postingan di Instagram bagi mereka yang kesulitan mengedit menggunakan aplikasi smartphone seperti PicsArt, Picsay Pro, dan lain sebagainya. (Saya pun sering menggunakan PowerPoint sebagai tools untuk membuat cover-cover postingan blog ini saking malasnya membuka Photoshop/CorelDRAW 😅 )

Nah, kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengolah gambar yang paling sederhana di PowerPoint, yakni memasukkan gambar ke dalam shape yang digunakan sebagai frame gambar tersebut agar tidak “ngotak seperti gambar biasa”. Ini contohnya:

Mengedit seperti itu memerlukan Photoshop yang berat? Oh tidak. Sekarang bisa digunakan dengan PowerPoint. Hasilnya pun bisa disimpan dalam bentuk PNG. Jadi, belakangnya transparan.

Tutorial ini juga berlaku bagi PowerPoint 2007, 2010, 2013, 2016, dan sebagainya. Oke, langsung saja. Langkah-langkah memasukkan gambar ke dalam shape adalah sebagai berikut.

1. Buka PowerPoint, buat dokumen baru atau buka dokumen yang ingin Anda edit.

2. Masuk ke menu “Insert”.

3. Pilih menu “Shapes”, lalu pilih shape yang Anda inginkan. Sebagai contoh saya menggunakan trapesium.

4. Drag mouse Anda dan pastikan shape sudah ada di layar/lembar kerja/sheet/slide.

5. Klik kanan pada shape tersebut, pilih “Format Shape…”.

6. Akan muncul panel di sebelah kanan layar. Pilih “Fill” atau gambar ember, lalu pilih “Picture or texture fill”.

7. Pilih gambar yang akan Anda masukkan.

8. Tampilan akan menjadi seperti ini. Sedikit “penyet”, tapi tidak apa-apa. Akan kita edit nanti.

9. Kemudian menuju ke panel kanan layar lagi, temukan kotak seperti ini di sebelah bawah. Edit-edit values-nya untuk menyesuaikan.

10. Apabila Anda ingin menghilangkan atau mengubah warna outline yang ada, klik menu “Format” (klik gambarnya dulu), lalu menuju “Shape Outline”.

11. Anda juga bisa mengkreasikan gambar dengan “Shape Effect” dengan menambahkan efek yang Anda suka.

12. Tada! Gambar sudah jadi. Jika Anda ingin menyimpan gambar tersebut saja (tanpa slidenya keseluruhan), Anda bisa klik kanan di gambar >> pilih “Save as Picture…”. Kemudian, selesai!

Nah, itulah tadi cara memasukkan gambar ke dalam shape dengan PowerPoint. Simpel bukan? Jika Anda merasa ini bermanfaat, tolong bagikan ke teman-teman Anda ya! Simak terus artikel-artikel bermanfaat dari arvendomahardika.com seputar pendidikan, olahraga, digital marketing, jurnalistik, dan teknologi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *