Ini Cara Mengatasi Foxit Reader Lemot/Lambat Saat Dibuka

Halo nawak-nawak, lama banget rasanya saya tidak menulis di blog ini. Nah, di penghujung bulan Ramadan ini saya ingin berbagi sedikit tentang solusi dari permaslaahan yang saya alami dengan salah satu aplikasi pembaca/reader file PDF, Foxit Reader.

Logo Foxit Reader (Dok. foxitsoftware.com)

Buat yang belum tahu, Foxit Reader merupakan perangkat lunak pembaca PDF gratis yang dapat digunakan untuk melihat/membuka dokumen PDF. Dengan ukurannya yang kecil, jauh lebih kecil daripada software sejenis yakni Adobe Reader, Foxit Reader dapat membuka dokumen PDF dengan cepat.

Tampilan Foxit Reader (Dok. Pribadi)

Dilansir dari download.id, salah satu keunggulan dari Foxit Reader ialah mereka sangat mengedepankan keamanan dan privasi pengguna. Hal ini yang membuat program ini tidak pernah menghubungkan ke internet tanpa izin dari pengguna, tidak seperti pada aplikasi PDF reader lain sering terhubung ke internet tanpa konfirmasi terlebih dahulu.

Nah, nawak-nawak bisa mendownload Foxit Reader secara gratis dengan mengakses LINK INI > DOWNLOAD FOXIT READER GRATIS <

Tidak sekadar bisa membaca PDF, dengan Foxit kita dapat mengedit file PDF secara sederhana. Beberapa di antaranya ialah dapat menambahkan gambar, mengganti link, menambah penjelasan pada file PDF, serta menyorot/highlight teks.

Permasalahan

Nah, yang membuat saya aneh adalah Foxit yang harusnya ringan dan cepat, kok di laptop saya akhir-akhir ini sangat lambat. Butuh waktu satu hingga dua menit untuk membuka. Awalnya saya berpikir apakah terlalu banyak file sampah di laptop saya? Akhirnya saya memutuskan untuk membersihkan file-file sampah dengan CCleaner [DOWNLOAD].

Setelah dibersihkan dengan CCleaner, kok belum cepat juga membukanya. Saya mengira bahwa yang bermasalah sepertinya aplikasinya. Akhirnya saya coba untuk update ke versi terbaru. Hasilnya? Tetap lemot.

Solusi

Setelah saya coba utek-utek, saya berkesimpulan bahwa sepertinya yang menyebabkan lemot adalah start page dari Foxit Reader itu sendiri, serta banner iklan yang ada di pojok kanan atas. Mengapa? Karena dia sepertinya membutuhkan akses internet untuk mem-fetch data yang akan ditampilkan.

Tampilan Start Page Foxit Reader, di pojok kanan atas terdapat iklan. (Dok. Pribadi)

Akhirnya saya mencoba untuk men-disable ‘fitur-fitur’ tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Buka menu File > Preferences.

(Dok. Pribadi)

2. Kemudian pilih General, scroll ke bawah di submenu Application Startup. Uncheck semua yang ada di situ.

(Dok. Pribadi)

3. Restart aplikasi Foxit Reader nawak-nawak.

Nanti ketika aplikasi Foxit nawak-nawak di-launch, insya Allah tidak akan lemot serta tidak akan ada lagi Start Page dan iklan yang berada di bagian atas window tadi.

Penutup

Nah, itu tadi adalah solusi dari permasalahan “Foxit Reader Lemot/Lambat Saat Dibuka”. Semoga bisa membantu permaslahan nawak-nawak sekalian! Sebarkan jika dirasa bermanfaat, komen di bawah jika ada kendala lain, nanti akan kita cari tahu lagi penyelesaian masalahnya. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya dan selamat Idulfitri 1441 Hijriah!

One comment on “Ini Cara Mengatasi Foxit Reader Lemot/Lambat Saat Dibuka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *