Tembus 1 Juta Viewers di YouTube, Ini 5 Fakta Lagu Rapsodi – JKT48

Setelah proses yang cukup panjang, yakni selama delapan tahun berkarya di belantika musik Nusantara, idol group JKT48 resmi merilis video klip single originalnya, yakni Rapsodi pada Rabu (22/1) lalu. Sebelumnya, JKT48 membawakan lagu cover dari sister group-nya dari Jepang, AKB48. Idol grup yang telah eksis selama sembilan generasi ini tampil dengan single original mereka yang dibawakan oleh 16 member hasil Senbatsu 2019.

Rapsodi berceritakan tentang sebuah kisah proses ikatan janji kesucian cinta di sebuah pernikahan nanti. Sister group pertama AKB48 ini membawakan lagu ini dengan kental bernuansa musik pop Indonesia, membuat rasanya nampak agak berbeda ketimbang lagu-lagu JKT48 sebelumnya.

Lagu ini dibawakan oleh 1) Shani Indira Natio sebagai center, kemudian 2) Feni Fitriyanti, 3) Riska Amelia Putri, 4) Nurhayati, 5) Nadila Cindi Wantari, 6) Gabryela Marcelina, 7) Cindy Hapsari Maharani Pujiantoro Putri, 8) Beby Chaesara Anadila, 9) Tan Zhi Hui Celine, 10) Shania Gracia, 11) Melati Putri Rahel Sesilia, 12) Jinan Safa Safira, 13) Angelina Christy, 14) Diani Amalia Ramadhani, 15) Helisma Putri, serta 16) Viona Fadrin.

Berikut 5 fakta menarik tentang Rapsodi, yang berhasil saya rangkum tepat di saat lagu ini tembus sejuta views di YouTube (pagi-pagi nulis nih, produktif banget).

1. Tembus sejuta views dalam waktu 7 hari sejak dirilis!

Rapsodi tembus sejuta views dan penanda waktunya di pojok kanan bawah. (Sumber: Dokumen pribadi)

Di platform YouTube, video klip Rapsodi telah melampaui sejuta tontonan pada hari ke-7 sejak tanggal perilisannya pada Rabu (22/7) lalu, tepatnya pada 29 Januari 2020 sekitar pukul 05.02 pagi WIB. Jumlah ini pastinya lebih banyak karena pihak JKT48 Operational Team (JOT) juga merilisnya di berbagai platform dengar seperti Spotify, JOOX, dan Apple Music.

2. Langsung trending di hari pertama rilis!

Rapsodi menduduki trending ke-18 di YouTube. (Sumber: Twitter Melody)

Video klip yang di-syuting di Bali tersebut langsung menduduki jajaran trending pada hari perilisannya. Di YouTube, video klipnya sempat memasuki trending ke-18 dan trending ke-5 untuk musik. Sedangkan di Twitter, hashtag #JKT48Rapsodi langsung memasuki trending pertama Indonesia beberapa jam sejak perilisannya. Emang diakui, kekuatan JKT48 fans [masih] luar biasa!

3. Hampir semua yang terlibat adalah orang Indonesia, ada mantan member!

Konferensi pers perilisan Rapsodi. (Sumber: YouTube JKT48)

Lagu Rapsodi banyak melibatkan orang Indonesia dalam proses pengerjaannya. Sebut saja Ilman Ibrahim dan Arya Adhitya (MALIQ & D’Essentials) serta Anindyo Baskoro (RAN) yang berkolaborasi dalam menciptakan lagu tersebut. Lalu juga ada sosok koreografer ternama, Ari Tulang yang memandu para member dalam membuat koreo mereka. Busana yang dikenakan oleh para member pun juga hasil rancangan Evelyn Fransisca, salah satu desainer tanah air. Serta masih banyak sederet nama yang terlibat dalam pembuatan video klip maupun lagunya. Selain itu, tidak lupa juga masih ada peran bahkan dari eks-anggota generasi pertama yang sekarang menjadi General Manager JKT48. Yak, siapa lagi kalau bukan Melody Nurramdhani Laksani. Gimana, bangga gak tuh?

4. Ada member asal Malaysia juga, lho!

Celine JKT48. (Sumber: IDNTimes)

Mungkin bagi temen-temen pembaca yang bukan fans JKT48 pasti jarang yang tahu kalau salah satu member yang terpilih pada Senbatsu 2019 untuk membawakan single original JKT48 ada yang berasal dari Malaysia. Yak, siapa lagi kalau bukan Tan Zhi Hui Celine atau yang akrab dikenal dengan Celine JKT48. Celine yang lahir di Johor, Malaysia pada 21 Agustus 2001 merupakan anggota generasi keempat JKT48. Ia memperoleh peringkat ke-9 dengan 21.350 suara.

5. Muda berkarya, ada satu siswi Academy!

Vivi JKT48. (Sumber: YouTube JKT48)

Hal yang tak kalah menariknya ialah ada pula satu siswi akademi kelas A yang terpilih untuk membawakan Rapsodi. Dialah Viona Fadrin atau yang akrab disapa Vivi JKT48. Gadis kelahiran 8 November 2000 ini memperoleh 14.566 suara dan bertengger di peringkat ke-16 pada pemungutan suara tahun 2019 lalu.

One comment on “Tembus 1 Juta Viewers di YouTube, Ini 5 Fakta Lagu Rapsodi – JKT48

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *